Netizen Galang Dana Untuk Nenek Penjual Bawang


Nggak cuma ibu penjual nasi yang mengetuk hati netizen untuk beramal, tapi nenek penjual bawang ini turut menyentuh hati. Simak deh kisahnya.

Kisah nenek penjual bawang di emperan toko Magelang telah menggugah hati netizen hingga inisiatif mengumpulkan tali asih pun bersambut. Nenek bernama Rohani, si penjual bawang, menjadi terkenal sejak fotonya diunggah saat tengah berdagang sambil mengaji.

Penggalangan tali asih digagas oleh Nur Santo, orang yang pertama mengangkat kisah Mbah Roh ke internet.

“Respons teman-teman sungguh dahysat, banyak yang ingin membantu setelah melihat foto Mbah Rohani yang saya unggah,” ujar Nur Santo sewaktu dihubungi Rabu (15/6/2016) sore.
Pria Kopeng, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tersebut sama sekali tidak menyangka jika foto yang semula cuma ditujukan sebagai koleksi pribadinya tersebar viral hingga keberadaan Mbah Roh dikenal di jagat sosial media.

Nur yang kebetulan seorang juru foto lantas berinisiatif membantu si nenek dengan memulai penggalangan dana.
“Sejak kami buka kemarin hingga Rabu (15/6/2016), pukul 14.00 WIB, sudah terkumpul dana Rp 2.645.000,” paparnya.
Keran donasi tali asih akan dibuka dari hari Minggu (19/6/2016) mendatang, setelah terkumpul donasi akan diberikan ke Mbah Roh.

Adapun sebagian akan disalurkan untuk membeli kebutuhan Simbah dan sisanya akan dipasrahkan dalam bentuk tabungan.
“Teman-teman relawan di Magelang sudah melakukan survei di rumah beliau di Kampung Gaten, kondisinya memang memprihatinkan dan layak diberi bantuan,” ucap Nur.

 Nur lanjut membeberkan jika dana yang masuk bukan hanya berdasarkan perseorangan tapi juga dari kelompok relawan yang berbasis di Magelang dan Yogyakarta.

Kisah Mbah Rohani

Adapun santer diberitakan sebelumnya, Mbah Rohani yang sudah berusia 90 tahun lebih itu menjadi viral di media sosial sejak fotonya mengaji sambil berdagang tersebar lewat situs pertemanan Facebook. Para netizen terenyuh karena meski sudah lansia, Nenek Rohani masih beribadah dimana saja dan kapan saja, meski ia tengah berkerja sekalipun.

Mbah Rohani bisa ditemukan berjualan bawang putih “lanang” dan kemiri di emperan sebuah toko yang terletak di shopping center Jalan Jenderal Sudirman, Kota Magelang, Jawa Tengah setiap harinya. Ia dulu memiliki lapak di Pasar Rejowinangun, namun kebakaran tahun 2008 sudah meluluhlantakkan lapaknya hingga ia terpaksa menggelar dagangan di emperan.