Inilah Penjelasan KUA soal Jenis Kelamin Istri Aming


Pernikahan Aming dengan Evelyn Nada Anjani yang digelar Sabtu, 4 Juni 2016 menjadi sorotan. Banyak komentar miring terhadap status pernikahan komedian tersebut. Bahkan, karena melihat penampilan Evelyn yang tomboi, netizen menduga istri Aming ini adalah pria. 
Dan dugaan bahwa Aming menikah sesama jenis menjadi ramai di dunia maya. Berbagai kehebohan soal pernikahan Aming dan juga misteri jenis kelamin istri komedian tersebut membuat Kantor Urusan Agama (KUA) Sukasari, yang menikahkan pasangan tersebut ikut angkat bicara. 
Wakil Ketua KUA Sukasari, Bandung, Dadang Sumarna, menjelaskan, tak ada kecurigaan secara administrasi. Meski demikian, pihak KUA menyayangkan pasangan tersebut yang tidak datang saat dipanggil sebelum pernikahan dilaksanakan.
"Di akte dan kartu keluarga (KK) itu perempuan, lalu saya panggil untuk pembinaan, namun tidak bisa karena masih di Jakarta," ujar Dadang saat ditemui di kantornya, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa 7 Juni 2016.
Dadang menilai, seharusnya, saat 25 Mei lalu, Aming dan Evelyn hadir ke KUA dan mengikuti pelatihan pranikah karena sifatnya wajib diikuti. Padahal, pembinaan itu diperlukan dan suatu keharusan bagi pengantin baru.
"Memang banyak pasangan lain yang bukan artis pun tidak mengikuti pelatihan, hanya saja ini kan persiapan buat nikah. Untuk syarat administrasi yang berbeda pasangan Aming melampirkan akta notaris saat menikah," ujar Dadang.
Dadang memastikan secara administrasi, pengantin wanita itu berjenis kelamin perempuan. Namun, secara tampak dan dokumen kesehatan pihaknya enggan berspekulasi bahwa Evelyn itu adalah seorang laki-laki seperti yang berembus di media sosial.

Dari data administrasi N1, N2, N4, baik KK maupun KTP, Evelyn berstatus perawan. "Asli perempuan dan masih berstatus perawan," katanya.